Yuk Cari Tahu 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Sewa Mobil Yogyakarta

Rental mobil sering kali dipilih oleh para wisatawan saat melakukan liburan. Selain menawarkan kemudahan untuk mengunjungi destinasi wisata yang lebih banyak, menyewa mobil juga menghemat waktu perjalanan. Namun, minimnya pengalaman dalam menyewa mobil bisa menyebabkan liburan tidak dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu, anda perlu menghindari beberapa kesalahan di bawah ini saat sewa mobil Yogyakarta.

8 Kesalahan Menyewa Mobil yang Wajib Dihindari

  1. Tidak Melakukan Reservasi

Jika memiliki rencana untuk menyewa mobil saat liburan di Yogyakarta, maka anda seharusnya sudah menentukan jasa rental mobil jauh jauh hari. Dengan begitu, anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu. Dengan reservasi, anda bisa mendapatkan kendaraan yang anda inginkan. Jika menyewa mobil secara mendadak, dikhawatirkan mobil yang anda inginkan tidak tersedia, sehingga perjalanan anda tidak sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Tergoda Tarif yang Lebih Murah

Memilih rental mobil yang menawarkan harga yang lebih murah memang dapat menghemat biaya perjalanan.  Bahkan setiap orang juga mudah tergiur dengan harga yang murah. Namun, anda juga perlu mempertimbangkan tentang spesifikasi dari mobil yang akan digunakan. Jangan sampai asal memilih mobil dengan harga yang murah, namun mengabaikan kondisi mobil yang akan disewa.  Hal ini tentunya akan berakibat pada perjalanan yang kurang menyenangkan.

Misalnya saja, anda tidak menyesuaikan antara kapasitas mobil dengan jumlah orang yang akan ikut liburan. Jika ukuran mobil terlalu sempit, tentunya anda tidak bisa menikmati perjalanan dengan nyaman karena harus berdesak desakan. Belum lagi jika perjalanan menuju tempat wisata cukup jauh sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Maka dari itu, sebaiknya tanyakan dengan detail kepada pihak sewa mobil Yogyakarta  mengenai jenis mobil yang akan disewa.

  1. Tidak Melakukan Pengecekan Terlebih Dahulu

Pengecekan perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi mobil yang disewa sebelum digunakan untuk liburan. Jika perlu anda bisa menanyakan kepada pegawai rental mobil, untuk memastikan jika mobil dalam keadaan yang baik untuk digunakan. Apabila ditemukan ada kekurangan pada mobil tersebut, maka anda bisa meminta ganti dengan mobil yang lebih layak pakai. Hal ini penting sebagai upaya antisipasi terhadap kejadian yang tidak diinginkan di tengah jalan.

Selain berbahaya pada keselamatan anda, kerusakan pada mobil yang akan disewa juga menyebabkan anda harus membayar biaya tambahan.  Jika memungkinkan, anda bisa menanyakan mengenai boleh tidaknya test drive. Dengan melakukan test drive, maka anda bisa mengetahui seberapa bagus kualitas mobil yang akan disewa. Apabila tidak sesuai, anda bisa meminta ganti dengan mobil yang lain yang lebih layak untuk digunakan.

  1. Mengabaikan Fitur Keselamatan yang Lengkap

Perjalanan liburan yang jauh, belum lagi dengan rute yang cukup sulit ditempuh, mengharuskan mobil yang dipakai memiliki fitur yang lengkap. Jangan sampai anda mengabaikan fitur keselamatan saat sewa mobil Yogyakarta. Apalagi jika anda anda harus membawa banyak orang saat liburan. Anda bisa memilih mobil dengan fitur keselamatan yang sesuai dengan kebutuhan seperti sabuk pengaman dan sensor untuk deteksi jika kendaraan didepan mengerem dadakan.

Selain itu, ada baiknya anda memastikan ketersediaan GPS pada mobil yang akan disewa untuk menghindari kesasar, terutama jika anda baru pertama kali menggunakan mobil untuk perjalanan jauh. Jangan lupa juga untuk menanyakan apakah penggunaan GPS tersebut dikenakan biaya tambahan atau gratis. Pasalnya, beberapa perusahaan rental mobil yang menetapkan biaya terpisah. Apabila ada biaya tambahan dari biaya sewa, berapa kira kira biaya tambahan tersebut.

  1. Tidak Memeriksa AC

Keberadaan AC pada mobil yang akan disewa cukup penting, terutama jika anda mengunjungi kota Yogyakarta pada saat musim kemarau yang cukup panas. Jangan sampai rasa gerah saat berada di mobil, mengganggu anda sehingga perjalanan menjadi tidak menyenangkan. Dengan adanya AC, suhu di dalam mobil menjadi lebih sejuk. Namun, anda juga perlu memahami jika mobil dengan AC dapat menguras banyak bensin atau energi mobil.

Maka sebaiknya, pilih tempat sewa mobil Yogyakarta yang menyediakan mobil dengan sistem kelistrikan yang bagus dan lebih hemat. Sehingga, anda tidak perlu khawatir dengan bensin yang boros ketika AC sering dinyalakan. Atau anda juga bisa mengatasi dengan menyalakan AC hanya saat suhunya terlalu panas. Sedangkan jika melewati tempat yang lebih sejuk, anda bisa memanfaatkan udara di luar dengan membuka jendela mobil.

  1. Telalu Lama Berbelanja

Liburan ke Yogyakarta memang rasanya kurang lengkap jika tidak menyempatkan membeli oleh oleh. Namun, anda juga perlu mengingat apabila tarif sewa mobil akan dikenakan biaya tambahan jika pengembalian mobil yang disewa melebihi waktu yang disepakati. Apabila menggunakan mobil rental dengan layanan sewa harian, maka anda harus memperhatikan waktu menyewa dengan baik, dan hindari menggunakan waktu lebih lama untuk berbelanja.

Memang cukup sulit mengkondisikan terutama jika liburan dengan banyak orang. Namun, anda perlu mengingatkan kepada yang lain dan melakukan kesepakatan di awal, untuk tidak terlalu lama singgah di lokasi yang tidak masuk dalam daftar perencanaan. Biaya tambahan biasanya akan dibahas dan dihitung oleh pihak penyewa dengan jasa rental. Namun, akan lebih baik lagi jika anda bisa mengembalikan tepat waktu, terutama jika pihak rental menetapkan denda.

  1. Tidak Mengendarai dengan Fokus

Sewa mobil Yogyakarta akan memudahkan anda untuk mengemudikannya, namun selalu ingat untuk tetap fokus saat berkendara. Jangan sampai mengemudi sambil bermain HP atau telepon, karena hal ini bisa merusak konsentrasi anda. Jika memang anda sedang menerima panggilan penting, sebaiknya pinggirkan mobil dan berhenti sejenak. Setelah bisa fokus kembali, maka anda bisa melanjutkan perjalanan.

Alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan mobil yang sudah sepaket dengan driver. Dengan menyewa mobil yang sudah disertai sopir, anda bisa dengan bebas melakukan kegiatan lain saat perjalanan. Bahkan anda juga bisa tidur dengan bebas hingga tanpa terasa anda sudah sampai tujuan. Selain itu, adanya sopir yang berpengalaman juga membuat perjalanan anda lebih cepat, karena mereka sudah sangat paham untuk mendapatkan jalan pintas apabila ada kemacetan.

  1. Membatalkan Reservasi

Biasanya saat melakukan reservasi, anda harus membayar uang deposito sebagai jaminan. Namun, jika tiba tiba anda membatalkan reservasi, maka biaya yang sudah anda keluarkan  tidak akan dikembalikan sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Atau bisa jadi uang dapat dikembalikan namun dengan potongan yang cukup besar. Daripada membatalkan reservasi di sewa mobil Yogyakarta, anda bisa memilih alternatif lain dengan mengganti tanggal sewa.

Menyewa mobil untuk liburan di Yogyakarta memang harus di rental mobil profesional dan terpercaya. Tentunya mereka dapat memberikan pelayanan yang untuk memberikan kepuasan kepada penyewa. Bagi anda yang kebingungan mencari tempat sewa mobil yang tepat, anda bisa memilih D’Mitra Trans, yang menyediakan driver yang sudah berpengalaman dan menawarkan tarif sewa mobil yang lebih terjangkau. Selain itu, ada banyak pilihan mobil yang bisa anda sewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat