Liburan Sambil Belajar, Yuk Kunjungi 5 Objek Wisata Budaya Jogja untuk Tambah Wawasan

Memang banyak tempat wisata di Yogyakarta yang bisa dipilih untuk menikmati liburan. Namun, mengunjungi tempat wisata budaya tentunya lebih berbeda. Apalagi daerah Yogyakarta masih kental dengan budaya keraton. Sembari rekreasi, anda juga bisa menambah banyak wawasan tentang sejarah dari beberapa tempat di Yogyakarta. Berikut ini wisata budaya Jogja yang paling tepat untuk mengisi liburan anda bersama keluarga.

5 Rekomendasi Objek Wisata Budaya Terbaik di Jogja

  1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan tempat wisata di Sleman Yogyakarta yang memiliki luas hingga 1,2 hektar. Pesona tempat wisata ini bisa dilihat dari bangunannya yang unik dimana jalan masuknya terdiri dari undakan, kelokan beserta labirin. Ada banyak koleksi benda sejarah dan budaya dari kerajaan Mataram yang menjadi awal mula berdirinya kerajaan Yogyakarta dan Solo. Suhu di tempat ini juga cukup rendah yaitu sekitar 15 hingga 20 derajat celcius.

Dengan mengunjungi Museum Ullen Sentalu, tentu anda bisa belajar banyak tentang sejarah kebudayaan Jawa. Tidak perlu khawatir jika anda kebingungan memasukinya, karena akan ada pemandu yang mendampingi anda sembari memberi penjelasan yang cukup detail mengenai benda benda seni yang ada di dalam Museum ini. Namun, perlu diketahui jika museum ini memiliki aturan yang cukup ketat bagi para pengunjung.

  1. Keraton Yogyakarta

Menjadi salah satu bangunan yang sangat bersejarah bagi kesultanan Yogyakarta, Keraton masuk dalam daftar wisata budaya Jogja yang wajib anda kunjungi. Di Keraton inilah, Sultan beserta keluarganya tinggal. Selain itu, ada museum yang digunakan untuk menyimpan barang barang kesultanan Yogyakarta mulai dari barang rumah tangga hingga barang barang unik yang berasal dari Raja Eropa. Mengunjungi tempat ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

  1. Benteng Vredeburg

Tempat wisata selanjutnya yaitu Benteng Vredeburg. Bangunan ini merupakan museum perjuangan nasional Indonesia. Keunikan bangunannya karena memiliki arsitektur kolonial Belanda dengan warnanya yang putih. Lokasinya yang tidak jauh dari Malioboro membuat museum edukasi ini selalu dikunjungi wisatawan. Jika berkunjung ke wisata budaya Jogja ini, ada banyak yang bisa didapatkan mulai dari pengetahuan tentang seni dan kebudayaan serta sejarah.

  1. Kotagede

Namanya yang unik dikarenakan pada zaman dahulu daerah ini merupakan desa kecil yang ditinggalkan oleh penduduknya dan menjadi hutan. Selanjutnya Ki Gede Pemanahan memperoleh kekuasaan dari Sultan Hadiwijaya untuk membangun daerah ini kembali. Di tempat ini terdapat banyak bangunan kuno yang sudah berusia ratusan tahun. Kotagede menyimpan banyak sejarah terutama yang berhubungan dengan berdirinya kerajaan Islam Mataram.

  1. Museum Affandi

Museum Affandi merupakan museum yang berisi banyak lukisan karya Affandi. Affandi sendiri merupakan pelukis Indonesia yang namanya sudah cukup lama terkenal. Selain menikmati deretan lukisan yang indah, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan kompleks bangunan dari puncak menara dan menikmati makanan di Cafe’ Loteng. Terletak di Jalan Laksda Adisucipto, wisata budaya Jogja ini dibuka mulai pukul 9 pagi hingga jam 4 sore.

Selain beberapa tempat di atas, masih ada banyak tempat wisata budaya di Jogja seperti Museum Batik, Makam Imogiri hingga Museum Anak Kolong Tangga. Liburan bersama teman atau keluarga ke beberapa tempat tersebut akan lebih tepat jika menyewa mobil karena anda bisa lebih bebas memilih wisata yang akan dikunjungi. Anda bisa menyewa di D’Mitra Trans Jogja yang juga menyediakan sopir yang sudah berpengalaman, bagi anda yang pertama kali datang ke Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat