5 Wisata Air Terjun Terbaik di Jogja yang Indah dan Menawan

Memang ada banyak tempat wisata di Jogja yang bisa disambangi mulai dari candi, museum, pantai hingga tempat tempat hits yang ada di dekat kota. Namun, wisata alam memberikan sensasi liburan yang berbeda terutama air terjun atau biasa disebut dengan curug. Selain suasana alam yang asri dan sejuk, anda juga bisa menikmati suara gemericik air yang berjatuhan. Berikut rekomendasi wisata air terjun terbaik di Jogja yang bisa anda kunjungi.

Air Terjun Terbaik di Jogja dengan Pemandangan yang Eksotis

  1. Curug Sidoharjo

Salah satu kawasan legendaris yang ada Yogyakarta yaitu pegunungan Menoreh. Di tempat ini, terdapat curug yang indah lengkap dengan kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Curug ini dinamakan dengan Curug Sidoharjo atau Curug Siluwok. Jika ingin menikmati liburan di curug ini, anda bisa mengunjunginya di Desa Keweron, Samigaluh, Kulonprogo. Namun, anda harus memastikan untuk berenang di tempat yang aman, karena kolam ini memiliki kedalaman yang berbeda beda.

  1. Curug Sri Gethuk

Curug selanjutnya berada di Dusun Menggoran, Bleberan, Gunung Kidul. Tempat wisata ini termasuk yang paling populer di Yogyakarta. Apalagi curug ini juga pernah menjadi lokasi dari film mancanegara Beyond Skyline. Hal yang unik dari curug ini yaitu tumpahan airnya yang tidak langsung jatuh ke kolam, melainkan harus melewati batuan karst terlebih dahulu. Selanjutnya air yang jatuh dari atas tebing tersebut, akan dialirkan ke Sungai Oyo.

  1. Curug Banyunibo

Wisata air terjun selanjutnya yaitu Banyunibo yang berada di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Namanya diambil dari bahasa jawa yang terdiri dari banyu dan nibo atau air jatuh. Namun, agar bisa sampai ke tempat wisata ini, pengujung harus melewati jalan setapak yang cukup ekstrim. Apalagi dengan adanya batu batu besar yang berasal dari reruntuhan tebing akibat adanya gempa pada tahun 2006. Jadi pastikan anda berhati hati dan menggunakan alas kaki yang tepat.

  1. Curug Kedung Kandang

Curug Kedung Kandang menawarkan pemandangan yang sangat cantik, yang sayang untuk dilewatkan. Tak heran jika tempat wisata ini menjadi primadona beberapa tahun terakhir. Selain menawarkan keindahan air yang berjatuhan, dari lokasi ini pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran. Untuk sampai ke wisata air terjun ini, anda bisa melewati jalur Gunung Nglanggeran atau jalur Embung Nglanggeran.

  1. Luweng Sampang

Tempat wisata ini terletak di Dusun Sampang, Gedangsari, Gunungkidul yang berbatasan dengan Kabupaten Klaten. Sebenarnya curug ini tidak terlalu tinggi dari kolam penampungan. Yang menjadi ciri khas dari curug ini yaitu aliran yang membelah tebing sehingga menghasilkan pemandangan yang lebih unik. Karena pesona yang dimiliki tersebut, wisata ini sering disamakan dengan The Wave Rock yang berada di Arizone, Amerika.

Selain itu, ada juga yang menyamakan tempat wisata ini dengan Grand Canyon di Negara AS mengingat karakteristik batuannya yang eksotis. Adanya erosi air sungai menyebabkan terbentuk garis garis pada lapisan batuan. Jika mengunjungi wisata air terjun ini, sebaiknya anda mendatanginya pada musim hujan. Air hujan membuat kolamnya terisi air penuh sehingga membuat curug ini tampak lebih indah.

Itulah beberapa tempat wisata curug yang bisa anda datangi selama liburan di Yogyakarta. Tentunya mengunjungi objek wisata di atas, akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga. Namun, anda harus menyiapkan barang yang lebih banyak terutama baju ganti. Agar perjalanan menjadi lebih mudah, sebaiknya anda menggunakan mobil yang dapat disewa di D’Mitra Trans. Mobil lepas kunci maupun dengan driver bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat